Kamis, 18 Agustus 2016

Konsep Exposure dalam Fotografi

Dalam dunia fotografi dikenal istilah yang disebut eksposure.  Sebuah proses penangkapan cahaya yang lebih jauhnya dapat menentukan kualitas suatu hasil foto dari segi pencahayaanya. Merupakan serangkaian proses dari mulai tombol shutter ditekan, sampai dihasilkannya gambar foto. Dan hasilnya, apakah suatu foto dikatakan terlalu gelap, pas atau terlalu terang, semua bergantung setingan eksposurenya. Jika istilah Foto-grafi diartikan sebagai “melukis dengan cahaya”, maka eksposure merupakan pengontrolan jumlah cahaya untuk melukis lukisan tersebut. Jadi untuk kesimpulannya, exposure / eksposur adalah jumlah cahaya atau paparan cahaya yang di terima oleh sensor dalam kamera kita dalam suatu pemotretan.
Kondisi Exposure dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu,
  • Normal-exposure, kondisi dimana pengaturan nilai (ukuran) dari kombinasi tiga elemen eksposur: ISO, Aperture dan Shutter Speed sudah sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan (ambient light) objek foto, sehingga hasil foto terlihat normal.
  • Over-exposure, kondisi dimana pengaturan nilai (ukuran) dari kombinasi tiga elemen eksposur: ISO, Aperture dan Shutter Speed tidak sesuai dengan kondisi pencahayaan di lingkungan (ambient light) objek foto sehingga hasil foto terlihat terlalu terang, maka dengan kata lain over-exposure adalah hasil rekam sensor-gambar/film pada kamera yang terlalu banyak (over) menyerap cahaya di lingkungan objek foto.
  • Under-exposure, sebaliknya dengan pengertian over-expusre di atas, maka dengan kata lain under-exposure adalah hasil rekam sensor-gambar/film pada kamera yang kurang (under) menyerap cahaya di lingkungan objek foto.



Untuk memahami dan dapat mengontrol exposure pada kamera dengan baik, ada bagusnya anda memahami juga ketiga elemen yang berkaitan dengan exposure berikut ini:

  • Shutter Speed : Shutter speed berfungsi sebagai penentu lamanya waktu sensor terkena paparan cahaya atau rentang waktu “jendela” di depan sensor terbuka. Jika diibaratkan dalam sistem aliran air, shutter speed ini adalah rentang waktu seberapa lama kita membuka keran air. Selain penentu lamanya waktu sensor terkena paparan cahaya, shutter speed juga mempunyai efek lainnya pada hasil foto. Semakin cepat shutter speed maka efek freezing pada foto akan semakin terlihat. Satuannya : 1/angka shutter speed (sekon); atau juga tanda (sekon ”) pada tampilan kamera, sebagai contoh : 1/300 sekon, 1/1000 sekon; 1” = 1 sekon; 30” = 30 sekon dst…
  • Aperture : Jika shutter speed berfungsi sebagai penentu lamanya waktu sensor terkena paparan cahaya, maka aperture adalah seberapa besar lensa terbuka untuk menerima paparan cahaya. Jika diibaratkan dalam sistem aliran air, aperture adalah seberapa besar keran air tersebut terbuka. Selain penentu seberapa besar sensor menerima papara cahaya, aperture juga mempunyai efek lebar sempitnya bidang fokus  atau depth of field (DOF). Satuannya adalah f/angka aperture, sebagai contoh : f/1.8, f/4, dst… atau ada juga yang senang menulisnya dengan cara : f:1.8, f:8 yang artinya sama saja. Nilai diafragma f/1.8 bukaannya lebih besar dari f/4, dst…
  • ISO  (International Standard Organization) : Konsep ISO biasanya yang paling familiar, namun tidak semua orang cukup familiar dengan ISO. ISO adalah seberapa sensitif sensor kamera terhadap paparan cahaya. Semakin tinggi pengaturan angka ISO maka semakin sensitif sensor pada cahaya. Satuannya : ISO 100, ISO 200, ISO 400, ISO 1200, ISO 1600 dst.. ISO 1600 jauh lebih sensitif dari ISO 100 atau ISO 400. Semakin besar nilai ISO, sensor akan semakin sensitif, termasuk terhadap noise pada hasil foto. pada nilai ISO yang besar, foto yang dihasilkan cenderung mudah terkena noise.


Untuk para photographer dan juga kalian yang menyukai hobi Fotografi, kalian bisa mendapatkan Jaket National Geographic – Under Exposure yang merupakan Jaket berwarna hitam dengan puring kotak-kota merah yang sangat cocok buat kalian yang suka bermain kamera foto. Jaket ini siap menemani kalian hangout dan hunting foto . cocok juga untuk di pakai di acara resmi . selain tidak panas jaket ini juga akan menambah rasa percaya diri bagi pemakainya. Kunjungi juga website indonesia-shop.com untuk mendapatkan koleksi-koleksi yang up-to-date :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar